Salam GenRe

Raih Prestasi, Tunda Nikah Dini !

Selasa, 07 Mei 2013

7 Sikap Remaja Sukses

Sering sekali terlihat adanya perbedaan antara satu murid dan murid yang lainnya terutama dari segi prestasi. Ternyata, remaja yang berprestasi cenderung memiliki kebiasaan tertentu dalam kesehariannya. Menurut Sean Convey dalam bukunya ‘The 7 Habits of Highly Effective Teens’, ada tujuh kebiasaan yang bisa dilakukan remaja untuk sukses di masa depan.

Proaktif
Ini adalah kunci utama menjadi sukses karena menjadi seseorang yang proaktif adalah awal dari kebiasaan-kebiasaan lain. Ketika seseorang menjadi proaktif, dia memiliki kesadaran terhadap tanggung jawab dalam hidup. Ia juga memiliki kontrol untuk menyetir kehidupannya.

Mimpi
Menjadi seorang remaja yang sukses dimulai dengan memiliki tujuan akhir yang jelas. Tanpa tujuan yang jelas, remaja akan cenderung menyia-nyiakan waktu dan tidak fokus.

Prioritas
Kebiasaan ini mengarahkan remaja untuk mengatur waktunya dengan baik. Dengan waktu yang terbatas, remaja dituntut untuk memilih aktivitas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Penentuan prioritas harus berdasarkan mimpi yang ingin dicapai. Misalnya ketika remaja dihadapkan pada pilihan untuk bermain komputer atau latihan soal. Jika remaja ingin mendapat nilai ujian yang tinggi tentu latihan soal akan menjadi prioritas.

Terbuka
Remaja yang dapat menjadi sukses adalah remaja dengan pikiran terbuka. Bahwa kehidupan tidak selalu merupakan persaingan antara satu orang dan lainnya. Bisa saja seorang remaja mengalami situasi di mana dua orang atau lebih mendapat nilai yang sama-sama tinggi. Atau ada orang lain yang mendapat nilai tinggi. Remaja ini harus bisa menjadi nilai tersebut sebagai motivasi, bukan alasan untuk memusuhi orang tersebut.

Pendengar
Banyak orang yang ingin didengar tapi tidak mendengarkan orang lain. Untuk menjadi sukses, seorang remaja harus bersedia mendengar pendapat orang lain baru mencoba menyampaikan pendapatnya sendiri.

Sinergi
Bekerjasama dengan orang lain adalah kebiasaan lainnya untuk meraih sukses. Dengan cara ini, remaja belajar untuk tidak menjadi egois tapi untuk melakukan sesuatu demi kepentingan bersama. Bekerja bersama orang lain juga membuat seorang remaja terbuka dengan segala perbedaan.

Introspeksi
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah introspeksi. Remaja yang melakukan refleksi terhadap dirinya tahu bagaimana untuk selalu menjadi yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar